Senin, 06 Februari 2017

Beginilah Sebaiknya Gaya Hidup Anak Kos-Kosan

Anak kos identik dengan beraneka keterbatasan fasilitas dan kondisi yang kurang nyaman sebab jauh dari ayah dan bunda dan biasanya mempunyai aktivitas lain, umpamanya sekolah, kuliah atau berprofesi. Tidak heran, banyak yang memaklumi seandainya buah hati kos nampak kurang sehat, turun berat badannya, atau mempunyai tenaga bendung tubuh yang tak kuat. Pendapat ini ada benarnya meskipun tak berlaku bagi seluruh orang yang memilih untuk tinggal di kos. Setidaknya, ada sebagian sistem yang dapat dilaksanakan buah hati kos supaya konsisten mempunyai kesehatan prima dan tenaga bendung tubuh yang bagus di balik aktivitas yang padat dan fasilitas yang kurang memadai. Bebeapa di antaranya merupakan sebagai berikut;

Melowongkan waktu untuk memasak

Hal yang sungguh-sungguh berakibat kepada kesehatan merupakan asupan kuliner. Dalam kasus buah hati kos, mereka umumnya menerima makanan dengan membeli di kios terdekat atau mengandalkan kuliner-kuliner siap saji seperti mie instant dan ikan kalengan. Di satu sisi, alternatif ini memang praktis dan tak memakan waktu lama akan melainkan di sisi lain, keperluan tubuh akan asupan makanan yang cukup dan berimbang cenderung tak terpenuhi, umpamanya keperluan akan sayuran hijau, kacang-kacangan atau susu.

Sebab itulah, melowongkan waktu untuk memasak makanan sehat sungguh-sungguh direkomendasikan bagi buah hati kos meskipun hal ini tak semestinya dilaksanakan tiap-tiap hari. Minimal, kecuali mempertimbangkan asupan makanan yang berimbang dan memenuhi keperluan tubuh, memasak sendiri juga bisa menjamin kebersihan dan kesehatan makanan sebab dimasak dengan sistem bersih dan sehat.  Bila memungkinkn, carilah kios atau daerah makan yang menyediakan beraneka makanan sehat dengan sistem memasak yang juga sehat dan aman.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga mungkin terdengar susah bagi buah hati kos yang mempunyai keterbatasan budget serta jadwal kesibukan yang cukup padat. Tapi demikian, olahraga konsisten diperlukan tubuh sebagai penyeimbang makanan yang dikonsumsi bahkan rutinitas yang dilaksanakan tiap-tiap hari. Ini bisa disiasati dengan berolahraga bersama penghuni kos lain sehingga jadwal olahraga akan menjadi peristiwa fun yang ditunggu-tunggu. Apalagi, seandainya dilaksanakan bersama, halaman kospun dapat menjadi daerah yang menyenangkan untuk berolaraga rutin sambil menjalin keakraban.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan kos hendaknya juga menjadi kepedulian sesama, seperti yang awam dihasilkan denga metode piket atau giliran untuk membersihkan halaman, kamar mandi, ruang tetamu dan daerah-daerah awam lain. Spot-spot yang dekil akan menjadi daerah empuk bagi nyamuk, tikus dan hewan lain untuk tinggal dan menularkan virus penyakit. Debu yang menumpuk di beberap spot juga tak bagus untuk pernafasan sehingga menjaga kebersihan kos wajib dilaksanakan sesering dan seintensif mungkin. Saking pentingnya hal ini, tidak jarang kita peroleh banyak artikel yang direkatkan di tembok atau pintu berisi imbauan supaya menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya dan lain sebagainnya.

Membiasakan Perilaku Hidup Sehat

Hidup di kos tanpa kontrol orang tua atau induk semang juga identik dengan perilaku hidup tak sehat sebab si buah hati kos bisa mengerjakan apa saja yang dia inginkan. Hal hal yang demikian di antaranya merupakan begadang sampai larut, makan tak teratur, mengkonsumsi makanan junk dalam intensitas dan porsi yang tinggi, jarang berolahraga sampai mengisap rokok atau mengkonsumsi alkohol. Untuk itu, kesadaran membangun dan membiasan perilaku hidup sehat semestinya dimiliki tiap-tiap individu penghuni kos supaya mereka konsisten bisa maksimal melaksanakan beraneka rutinitas di luar. Kecuali itu, konsumsi vitamin dan suplemen yang dibutuhkan tubuh juga perlu digalakkan supaya tak gampang sakit, mempunyai imun yang kuat serta bisa ‘bendung’ di beraneka kondisi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar